Cara Mengenali BPKB Kendaraan Asli atau Palsu

Anda ingin membeli kendaraan second atau bekas? Jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan surat dan datanya ya. Jangan sampai anda membeli kendaraan bekas dengan dokumen kendaraan yang palsu. Salah satu dokumen kendaraan yang banyak dipalsukan adalah BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Untuk itu, simak beberapa cara mengenali BPKB kendaraan asli atau palsu berikut ini.

Mengenal BPKB

Sebelum membahas BPKB asli atau palsu, mari mengenal lebih jauh apa itu BPKB dan apa pentingnya BPKB. BPKB adalah akronim dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor yang dikeluarkan secara resmi oleh Satuan Lalu Lintas Polri. Buku ini berfungsi sebagai bukti bahwa anda merupakan pemilik kendaraan bermotor yang anda gunakan.

Jika anda akan menjual kendaraan anda, maka pemilik baru harus mengurus pembalikan nama dari BPKB agar data dari kendaraan yang digunakan sesuai. Nantinya, ketika mengurus BPKB baru akan disertakan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB.

Akhir-akhir ini, modus kejahatan semakin beragam. Banyak orang yang membuat BPKB palsu dari kendaraan tidak resmi seperti kendaraan hasil curian atau kendaraan yang ditinggalkan pemiliknya. BPKB palsu ini tentu merugikan pembeli kendaraan bekas karena pembeli tersebut bisa saja dituduh sebagai pencurinya. Pembeli kendaraan dengan BPKB palsu tidak akan bisa lagi menjual kendaraannya.

Cara Mengenali BPKB Asli atau Palsu

  1. Lihat Sampul BPKB

Cara untuk mengenali BPKB asli atau palsu yang pertama adalah dengan melihat sampul depan BPKB. Sampul depan BPKB asli terlihat mengkilap dan sedikit lebih gelap. Sedangkan BPKB palsu biasanya berwarna agak buram, tidak terlalu jelas dan tidak mengkilap.

  1. Amati Hologram di Halaman Depan
Baca Juga  Harga Motor Honda Super Cub 2020

Masih di halaman depan, amati bagian hologram yang tercetak. Pada BPKB asli, hologram berwarna silver dan tidak akan berganti warna meskipun anda menerawangnya di bawah cahaya. Sedangkan BPKB palsu, hologram cenderung berwarna kekuningan dan berubah warna seperti pelangi jika diterawang dibawah cahaya.

  1. Cek Nomor di Bawah Hologram

Setelah memperhatikan hologram, coba cek nomor di bawah bagian hologram. Nomor tersebut berfungsi untuk kategorisasi pemilik kendaraan berdasarkan tempat tinggal. Tetapi, beberapa nomor memang tidak bisa dibaca secara jelas karena sifatnya rahasia.

  1. Perhatikan Identitas Pemilik

Beralih pada halaman selanjutnya yaitu pada lembar identitas pemilik. Pada BPKB palsu biasanya akan terlihat noda bekas dihapus atau cetakan ulang. Pada BPKB Asli, cetakannya akan terlihat bersih dan tidak mencurigakan.

  1. Fokuskan ke Halaman 14

Ada yang istimewa dari halaman 14 BPKB Asli. Pada halaman 14 BPKB asli, terdapat lambang Korlantas Polri yang muncul ketika disinari dengan sinar ultraviolet. Sedangkan di BPKB palsu tidak memiliki logo tersebut. Selain itu, kertas pada halaman tersebut akan terasa kasar timbul mengikuti logo Korlantas Polri yang muncul.

Syarat Pembuatan BPKB Baru

Nah bagaimana jika BPKB anda sudah terlanjur rusak atau hilang? Daripada anda memalsukan BPKB dan terancam hukuman 6 tahun penjara, lebih baik anda kembali mengurusnya ke Kantor Samsat Kepolisian di daerah anda.

Pembuatan BPKB Baru

Syarat pembuatan BPKB Baru di samsat adalah dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan melampirkan beberapa dokumen identitas, yaitu:

–         Fotokopi KTP atau surat kuasa dengan materai jika anda mewakilkan pembuatan kepada orang lain (kendaraan milik individu)

–         Fotokopi KTP yang diberi kuasa, surat kuasa bermaterai dengan kop badan hukum yang ditandatangani oleh pimpinan, SIUP serta legalisir resmi NPWP (kendaraan milik badan hukum).

Baca Juga  New Mazda CX-9 – SUV Premium dengan Segudang Fitur Canggih

–         Fotokopi KTP yang diberi kuasa, surat kuasa bermaterai dengan kop instansi pemerintah yang ditandatangani oleh pimpinan, dan faktur untuk BPKB dengan format yang berlaku (kendaraan milik pemerintah).

Selain itu, siapkan juga:

–         Sertifikat Uji Tipe dan Registrasi Uji Tipe Ranmor (SRUT)

–         Sertifikat NIK dari Agen

–         Rekomendasi dari instansi berwenang (khusus untuk angkutan umum)

–         Hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor

Nah itulah tadi artikel lengkap mengenai cara mengenali BPKB kendaraan bermotor asli atau palsu. Semoga artikel diatas dapat membantu anda untuk terhindar dari penipu. Semoga bermanfaat!

Tags: , ,

Related Post