Sedang Berhemat Tapi Ingin Membeli Motor? Ini Dia 5 Tips Beli Motor Honda Bekas!

Sedang berhemat dan tidak ingin merogoh isi kantung terlalu banyak? Tenang saja, zaman sekarang sudah banyak orang yang menjual motor Honda bekas mereka dengan kualitas yang pastinya masih bagus dan terjamin. Tetapi mungkin Anda takut kalau ternyata motor bekas yang Anda beli palsu atau ada beberapa mesinnya yang sudah tidak bekerja lagi.

 

Nah, oleh karena itu, artikel ini cocok banget untuk Anda yang sedang ingin membeli motor Honda bekas. Kita sudah rangkum beberapa tips yang dapat mempermudah Anda membeli motor Honda bekas tanpa takut harus tertipu dan lain sebagainya. Yuk, ikuti tips beli motor Honda bekas artikel dibawah ini!

 

5 Tips Beli Motor Honda Bekas

  1. Cek Nomor Rangka dan Mesin Motor

Sebagai pembeli, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengecek nomor rangka dan mesin motor. Pastikan bahwa nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB sesuai dan sama. Perhatikan juga apakah nomor rangka dan mesin motor merupakan barang yang asli dan bukan ketokan kasar. Ketokan kasar adalah penjual atau penadah motor curian yang biasanya mengubah nomor rangka dan mesin dengan cara diketok.

 

Supaya lebih berhati-hati, Anda juga bisa mengecek nomor polisi ke SMS Layanan Polisi.

Ketik : Metro(spasi)nomor polisi

Contoh : Metro B1178HK

Lalu kirim ke 1717 — Nomor ini hanya khusus untuk di daerah Jakarta.

 

Atau untuk Anda yang berada di wilayah Jawa Timur, bisa juga ketik : JATIM L4444LY ke nomor 1717

 

Dalam beberapa menit, Anda akan menerima balasannya.

 

  1. Cek Kondisi Fisik Motor Bekas

Jangan lupa juga untuk mengecek apakah kondisi kaca spion, body, baut, dan lain sebagainya terdapat goresan, keretakan, atau pecah. Usahakan juga untuk selalu melihat kualitas semua fisik motor bekasnya dan melihat apakah semuanya merupakan produk orisinil dan bukan pengganti palsunya.

Baca Juga  Honda CB1100EX – Modern Tapi Retro

 

  1. Cek Harga Pasaran

Ketika ingin membeli motor bekas, pastikan Anda sudah tahu ingin membeli motor yang versi apa. Setelah sudah fix ingin membeli motor Honda dengan tipe tertentu, cobalah cari harga motornya di pasaran terlebih dahulu baik dari internet, koran, majalah, atau sumber media lainnya. Tips : Anda juga bisa melihat harga pasaran motor langsung dari menu pabrikan di situs online penjual motor supaya lebih mudah mencari motor yang Anda inginkan.

 

  1. Coba Menghidupkan Mesin Motor

Tentu saja, alasan Anda membeli motor pasti salah satunya untuk digunakan secara jangka panjang dan cara ini merupakan salah satu tips utama beli motor Honda bekas. Pastikan bahwa mesin motor dapat hidup atau menyala dengan baik. Kondisi mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang dari 1.500 rpm. Serta tidak ada bunyi-bunyian yang terdengar kasar di dalam mesin. Ini kunci utama mesin motor yang masih berfungsi dengan baik dan tahan lama.

 

  1. Cek Speedometer

Sama seperti mesin motor, pastikan tidak ada keretakan ataupun adanya bekas pembongkaran. Juga Anda harus melihat berapa km yang telah ditempuh oleh motor Honda bekas tersebut.

Jika motor Honda bekasnya sudah menempuh lebih dari 20 ribu kilometer, pastinya akan lebih banyak komponen mesin yang harus Anda segera ganti. Hal ini lah yang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Jadi pastikan baik-baik ya!

 

 

Nah, itu dia 5 tips beli motor Honda bekas. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli motor Honda bekas ya!

Tags:

Related Post